Category Archives: Berita Seputar Bank Aceh

Bank Aceh Terima Penghargaan dari Infobank

JAKARTA – Direktur Umum Bank Aceh, Haizir Sulaiman, menerima penghargaan Infobank Award ke-27 sebagai bank terbaik berdasarkan kelompok bank modal inti (KMBI) 1.


Penghargaan diberikan oleh CEO Infobank, Eko B Supriyanto dan Wakil Pemimpin Redaksi Karnoto Muhammad di Hotel Kempinksi, Jakarta, Kamis (25/08/2022).

Bank Aceh mendapatkan predikat Sangat Bagus dalam kategori bank dengan modal inti di bawah Rp 6 triliun. Manajemen Bank Aceh dinilai cakap mengakselerasikan bisnis meski mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman mengatakanpenghargaan ini merupakan aprsiasi bagi seluruh masyarakat Aceh, dan Pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota yang telah mendukung aktivitas bisnis Bank Aceh.
“Penghargaan ini patut kita syukuri. Penghargaan ini juga menjadi pendorong agar Bank Aceh menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat Aceh dan entitas bisnis yang mempercayakan bank ini sebagai mitra bisnis mereka,” kata Haizir dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Agustus 2022.
Sebagaimana diketahui, pada 2021, jumlah tabungan Bank Aceh naik hingga 14,75 persen atau menjadi Rp 10,55 triliun. Rasio dana murah atau current account saving account Bank Aceh tercatat sebesar 75,08 persen. Jumlah ini terbesar dari seluruh BPD yang ada di Sumatera.
Pada 2021, Bank Aceh mencatatkan total aset sebesar aset Rp 28,17 triliun atau tumbuh sebesar 11 persen (YoY), dana pihak ketiga tumbuh Rp 24,02 triliun atau sekitar 11,3 persen, pembiayaan tumbuh 7 persen menjadi Rp 16,35 triliun. Tahun itu, laba Bank Aceh mencapai Rp 392,13 miliar atau tumbuh 17,7 persen. Bank Aceh meraih skor 94,07 persen.

Haizir juga mengungkapkan dalam beberapa tahun terakhir Bank Aceh fokus memperkuat fondasi core banking, infrastruktur transaksi digital, dan penyempurnaan proses bisnis untuk mendukung perkembangan digital.
Bank Aceh, kata Haizir, berupaya memperluas ekosistem digital sebagai bentuk partisipasi dalam integrasi open banking. Hal ini merupakan wujud dari dukungan seluruh pihak terhadap Bank Aceh yang baru saja beralih dari sistem konvensional menjadi syariah.
Bank Aceh juga berkomitmen meningkatkan dukungan terhadap pengembangan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Tahun ini, jumlah UMKM yang berada dalam binaan Bank Aceh mencapai 6.806 usaha.
“Kami tidak sekadar menyalurkan bantuan modal terhadap pengusaha UMKM. Bank Aceh juga membina dan melatih mereka untuk berkembang dan bersaing secara global,” kata Haizir.
Penganugerahan Infobank Award 27 Infobank Award turut dihadiri oleh tokoh praktisi perbankan, dan lembaga keuangan nasional.

Bank Aceh Jakarta Semarakkan Hari Ulang Tahun Taman Iskandar Muda (TIM) Jakarta

Ribuan peserta meramaikan jalan santai yang digelar dalam rangka HUT ke- 72 Taman Iskandar Muda (HUT) di Jakarta Intenational Stadium (JIS) Minggu 28 Agustus 2022. Acara yang di sponsori oleh Bank Aceh Jakarta tersebut, dihadiri oleh H. Anies Rasyid Baswedan, SE, M.P.P, Ph.D (Gubernur DKI Jakarta),Ali Maulana Hakim (Wali Kota Jakarta Utara), Dr. Ir. Surya Dharma, MBA (Ketua Taman Iskandar Muda), Teuku Zulfikar (Branch Manager Bank Aceh Jakarta ),Tokoh masyarakat Aceh diantaranya Dr. Ir. H. Mustafa Abubakar (Mantan Mentri BUMN), Mayjen (purn) Sulaiman AB, Abdullah Puteh (mantan gubernur Aceh), Teuku safli Didoh dan tokoh masyarat aceh lainnya serta seluruh karyawan/ti Bank Aceh Jakarta.

Jalan santai yang dimulai dari plataran Selatan JIS dimulai tepat pukul 07:00 WIB diawali dengan pembagian ratusan topi kepada peserta dilanjutkan sambutan dari Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Taman Iskandar dilanjutkan dengan penganugrahan Penghargaan kepada para gubernur Aceh sejak Tahun 1950 dan Kirab budaya prosesi penganugrahan piagam penghargaan kepada gubernur DKI Jakarta.

Acara yang berjalan sukses tersebut Mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Aceh di Jakarta melalui pesan what apps kepada BM Bank Aceh Jakarta para tokoh aceh tersebut menyampaikan “Ucapan Selamat atas partisipasi Bank Aceh Jakarta dalam acara Jalan Santai Taman Iskandar muda di Jakarta Internasional Stadium, dgn Adanya Umbul Umbul Bank Aceh di Sekeliling Stadiun menambah semarak Acara Jalan Santai, dan masyarakat Aceh Jabodetabek semakin mendapat informasi mengenai kehadiran Bank Aceh di Jakarta semoga Bank Aceh lebih berjaya. Amin”

7,7 Ribuan Peserta Ramaikan Gowes Bank Aceh, Dua Peserta Bawa Pulang Sepeda Motor

BANDA ACEH – Sekitar 7,7 ribu peserta memeriahkan sepeda santai “Gowes Bank Aceh”, Minggu (28/8/2022). Kegiatan dilaksanakan oleh Bank Aceh Syariah bekerjasama dengan Serambi Indonesia, dalam rangka HUT ke-49 Bank milik Pemerintah Aceh itu.

Dari ribuan peserta, dua orang beruntung bisa membawa pulang hadiah utama, berupa sepeda motor, yaitu M Syahril, warga Moun Ikeun, Lhoknga, Aceh Besar. Dan Intan Maulida merupakan warga Meunasah Krueng, Pagar Air, Aceh Besar.

Peserta memulai start dan finish di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Mereka dilepas oleh Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Muhammad Hasan, Sekda Aceh, Dr Taqwallah dan jajaran direksi Bank Aceh pukul 07:30 WIB.

Selanjutnya, Peserta mengayuh sepeda k rute yang sudah ditentukan, yaitu ke Jalan Teuku Umar Seutui, lalu ke Simpang Dodik. Lalu berbelok ke Jalan Soekarno-Hatta , peserta mengayuh sepeda di sepanjang ring road Lampeunuruet tersebut.

Selanjutnya, di Simpang Batoh, mereka masuk Jalan Mr Muhamamad Hasan Batoh, dengan melewati Kantor Pusat Bank Aceh. Di Simpang Surabaya kembali kemasuk ke jalan Tgk Chik Di Tiro, ke samping Masjid Raya Baiturahman, hingga Simpang Zikra dan kembali ke Blang Padang.

Kembali ke finish, peserta disuguhkan hiburan musik dari Cut Zuhra, penyanyi jebolan ajang pencarian bakat.

Gowes ini sebagai ajang silaturahmi dan olahraga bersama sekaligus apresiasi Bank Aceh kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung tumbuh kembang Bank Aceh. Selain itu juga menjadi upaya memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM bangkit.

Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman yang Diwakili oleh Direktur Dana dan Jasa, Amal Hasan mengatakan, kegiatan untuk memberikan manfaat kesehatan, kenyamanan kepada peserta, serta menjadi momentum kebangkitan ekonomi kepada para UMKM.

Ia berterima kasih kepada peserta, dan nasabah yang sudah berpartisipasi. Sehingga kegiatan itu bisa berlangsung sukses dan meriah.

Ia berharap kegiatan itu memberikan manfaat dan dampak positif.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus kita pertahankan dalam skala yang lebih besar kedepannya, ” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Muhammad Hasan dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Aceh. “Ini tentunya memberikan dampak yang positif bagi ekonomi masyarakat. Banyaknya peserta yang berpartisipasi sekaligus menjadi indikator Aceh semakin aman dan kondusif,” ujarnya.
Selain dua hadiahutama, juga ada hadiah menarik lainnya, mulai kulkas, kipas angin, handphone, tabungan, setrika, dispenser, rice cooker, televisi, hingga sepeda.


Direktur Bisnis, Bob Rinaldi Direktur Kepatuhan, Yusmaldiansyah, para pemimpin Divisi dan Pemimpin Cabang turut hadir dan menyerahkan hadiah.
Kegiatan Gowess Action Bank Aceh turut dihadiri oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Forkopimda, lembaga keuangan, dan lintas instansi lainnya serta unsur pimpinan dan karyawan/ti Bank Aceh.

Mata Ie Juara turnamen sepakbola Bank Aceh Action Cup 2022

Mata Ie FC Montasik, Aceh Besar tampil sebagai juara turnamen sepakbola Bank Aceh Action Cup 2022 menyusul kemenangan atas KDC Keutapang Dua di Stadion H Dimurthala, Lampineung, petang kemarin.

Besutan Andrea unggul 2-1. Sebagai juara, Mulya Daud dkk berhasil memperoleh hadiah Rp 20 juta plus piala.

 

Hadiah kepada mereka diserahkan oleh Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh, Amal Hasan.

KDC mendapatkan Rp 15 juta plus piala yang diberikan Direktur Kepatuhan, Yusmaldiansyah.

 

Juara tiga bersama menjadi milik Azones Ajun dan Persima Meunasah Krueng.

Kedua kesebelasan tersebut masing-masing mendapatkan hadiah Rp 5 juta.

Hadiah untuk Azones Ajun dan Persima diserahkan Pemimpin Bank Aceh Kantor Pusat Operasional (KPO), Fadhil Ilyas.

Tim fair play jatuh bagi Taman Muda FC Mireuek Taman setelah dalam turnamen berhadiah Rp 50 juta itu, mereka menjadi klub yang paling sportif.

Hadiah bagi anak-anak Taman Muda Mireuk Taman Rp 2 juta diserahkan oleh mantan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman.

Top skor untuk turnamen Bank Aceh Action Cup 2022 menjadi milik striker Kuta Baro FC, Ricky Belo.

Dia berhasil melesatkan empat gol ketika timnya menang 8-1 atas PBC United Punge, Banda Aceh.

Nama punggawa KDC Keutapang Dua, Raja, dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Kedua pemain memperoleh hadiah Rp 1,5 juta.

Bintang bagi kemenangan Mata Ie Montasik pantas diberikan kepada pemain depan, Agus.

Sepasang gol dari jasanya membawa Mata Ie ke tangga juara.

Dia berhasil melesatkan gol pada menit ketiga dan 30.

Sementara gol balasan KDC dicetak Aidil pada menit 20.

Kemenangan anak-anak Mata Ie dibayar mahal ketika sang kapten, Andrea tak bisa bermain akibat akumulasi kartu kuning.

Meski tanpa diperkuat Andrea, mereka tetap tampil konsisten terutama mengejar kemenangan.

Bahkan, di partai final itu, Andrea memimpin rekan-rekannya dari pinggir lapangan.

Dalam duel itu, KDC memainkan Roy, Risky Rojo, Irja, Ramadhan, Maulana, Faisal, Putra Ramli, Syukri, Simon, dan Ayi Kidal.

Mereka sudah berusaha keras untuk bisa menang.

Bahkan, sejumlah peluang emas diperoleh meski sudah berdiri bebas di depan gawang Mata Ie FC, Mijan.

Montasik memainkan Zulfandi, Wahyu Grot, Agus, Gozi, Boyhaqi, Amu, dan Mulya Daud didukung oleh suporter setianya.

Karena itu, mereka terus bekerja keras agar bisa menang.

Terlebih, mereka sangat ingin mengakhiri dahaga gelar juara di turnamen bergengsi itu.

Turnamen itu ditutup oleh Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh, Amal Hasan.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan, bahwa even ini merupakan bentuk kehadiran pihaknya kepada masyarakat.

Lewat turnamen ini bisa memberikan hiburan menarik bagi pecinta si kulit bundar baik di Aceh Besar dan Banda Aceh.

“Selamat kepada para juara.

Permainan final hari ini benar-benar mampu memberikan hiburan bagi penonton.

Apalagi, tarung final ini disaksikan ribuan penonton yang memadati tribun Stadion Lampineung.

Terima kasih kepada semua yang mendukung suksesnya turnamen Bank Aceh,” pungkas Amal Hasan.

Ucapkan Terima Kasih

Koodinator Pertandingan dan Olahraga Sepakbola HUT Ke-49 Bank Aceh, Fadhil Ilyas mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak, terutama manajer, ofisial tim dan pemain.

Kecuali itu, perangkat pertandingan, panitia pelaksana, aparat keamanan, tenaga kesehatan dari PMI, Pemko Banda Aceh selaku pemilik stadion, dan masyarakat.

Berkat dukungan itu membuat turnamen ini berlangsung sukses dari sejak awal hingga pertandingan final.

“Terima kasih kepada pemain yang selalu bertanding dengan menjunjung sportivitas.

Kemudian, penonton yang selalu hadir untuk memberikan motivasi kepada tim bertanding.

Bahkan, dalam duel final tadi, ribuan masyarakat mampu menikmati tarung puncak lewat talenta lokal,” kata Fadhil Ilyas.

Pada kesempatan itu, ia mengungkapkan, bahwa turnamen ini digelar pasca pandemi Covid-19.

Karena itulah, pihaknya berjanji akan mengadakan kembali pada kesempatan lain.

“Mudah-mudahan, Bank Aceh kembali hadir lewat turnamen sepakbola untuk memberikan hiburan kepada masyarakat,” tutup Pemimpin Bank Aceh Kantor Pusat Operasional (KPO) itu.

Direktur Utama Resmikan KCP Tualang Cut

Bank Aceh resmi membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) ke-193 yang dibuka di Aceh Tamiang, Selasa (23/8/2022). Pembukaan KCP baru ini mengindikasikan perekonomian Aceh Tamiang mengalami pertumbuhan baik.

Peresmian KCP Tualang Cut di Kabupaten Aceh Tamiang dilakukan langsung Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman. Sebagian unsur Forkopimda Aceh Tamiang dan sejumlah pimpinan cabang Bank Aceh dari berbagai daerah turut hadir dalam peresmian ini.
Haizir menjelaskan Bank Aceh KCP Tualang Cut merupakan kantor ke-193 yang telah tersebar di seluruh wilayah Aceh, Medan dan Jakarta. Khusus wilayah Aceh, KCP Tualang Cut merupakan kantor kelima.
“Dari lima kantor di Aceh Tamiang, dua masih kantor kas, ke depan akan dinaikkan statusnya menjadi kantor cabang pembantu,” kata Haizir.

Haizir mengungkapkan pembukaan kantor baru di Aceh Tamiang ini untuk memberi akses lebih mudah kepada masyarakat. Dia pun meyakinkan Bank Aceh telah dinyatakan sebagai salah satu bank layak investasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan predikat A.
“Selama ini harus ke Kualasimpang, jadi dengan adanya KCP Tualang Cut kepentingan ekonomi masyarakat lebih tertampung,” ujarnya.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil dalam kesempatan itu mengapresiasi Bank Aceh yang telah bersedia menambah kantor layanan. Bahkan dia berharap Bank Aceh terus menambah kantor untuk mengakomodir kebutuhan perekonomian masyarakat.

Dari pendataan, Mursil menyebut pusat perputaran ekonomi di Aceh Tamiang ada di empat titik. Titik terbesar disebutnya berada di Pulautiga, Kecamatan Tamiang Hulu, selanjutnya Simpang IV (Karangbaru), Tualang Cut (Manyakpayed) dan terakhir di Seruway.

“Ini harus jadi perhatian agar ke depan layanan perekonomian masyarakat bisa lebih terakomodir,” kata Mursil.

Gowess Action Bank Aceh 2022

 

Yuk Masyarakat Aceh Ikut Gowess Action Bank Aceh

Dalam rangka memperingati HUT ke-49 Bank Aceh mengadakan Gowess Action pada hari Minggu tanggal 28 Agustus 2022. Kegiatan ini mengambil start dan finish di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Pendaftaran ‘Gowess Action Bank Aceh’ sudah mulai dibuka sejak Senin (15/8/2022) di sejumlah lokasi dan akan ditutup pada, Jumat (26/8/2022).
Adapun Pendaftaran dapat dilakukan di
- Kantor Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang Pagar Air
- Toko Buku New Zikra di Jalan KH Ahmad Dahlan
- Kios Koran Idola di Peunayong
- Toko Serikat di Jalan KH Ahmad Dahlan
- Toko Baja Di Tungkop dan AM Family di Cot Goh Montasik
- Aceh Promotion, depan Sultan Hotel.

Biaya pendaftaran hanya Rp 10 ribu per orang.
3 ribu pendaftar pertama akan mendapatkan t-shirt menarik dari Bank Aceh.

Ayo buruan, karena hadiah utama berupa sepeda motor, beserta sejumlah hadiah menarik lainnya telah menanti Anda.

Let’s Action Now!!

Ratusan Pemotor Trail Terobos Bukit Blangbintang Meriahkan Trabas Merdeka Fun Adventure Bank Aceh

Ratusan pemotor trail memeriahkan ajang Trabas Merdeka Fun Adventure 2022, Sabtu (20/8/2022) di Bukit Blangbintang, Aceh Besar.

Kegiatan itu merupakan rangkaian acara HUT ke-49 Bank Aceh.

Peserta dilepas oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar didampingi Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman, di Eco Wisata Puncak Tepin Batee, Gampong Data Makmur, Kecamatan Blangbintang.

Total peserta yang ikut sebanyak 490 orang, yang berasal dari Aceh dan Sumatera Utara.
Setelah dilepas mereka langsung menjelajahi perbukitan Blangbintang tersebut, sesuai dengan rute yang sudah ditentukan.

Haizir Sulaiman mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-49 Bank Aceh, sekaligus HUT Kemerdekaan RI, dengan mengambil tema Trabas Merdeka Fun Adventure.

“Kami memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan masyarakat yang hadir di Acara ini.
Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi penikmat motor trail untuk menyalurkan hobi dan skill,” ujar Haizir.

Dikatakan, melalui kegiatan ini, tentunya juga akan membuka potensi pariwisata yang ada di wilayah Aceh Besar dan membuka peluang usaha bagi pelaku UMKM.

Sementara itu, pembina Trabas sekaligus Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh, Amal Hasan, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak dalam menyelenggarakan acara tersebut.

Sehingga dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi sejumlah aspek di masyarakat.
Kegiatan berjalan lancar tanpa ada insiden, bahkan Track game menghibur masyarakat dan peserta.
Masyarakat setempat pun tampak antusias menyaksikan kegiatan ini sejak awal hingga berakhirnya acara.

Kegiatan dihadiri Kapolda Aceh, Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman, Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh seklaigus Pembina Trabas, Amal Hasan,Wakil Ketua DPRA Aceh, Safaruddin, PJ Gubernur Aceh yang diwakili Karo Ekonomi, Amirullah, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MM, Kepala BNN Aceh, Brigjen Pol Drs Heru Pranoto, jajaran Pimpinan Divisi Bank Aceh, jajaran Pimpinan Cabang Bank Aceh, Kapolsek Montasik Ipda Faisal, serta Personelnya.

Hadiri dan Saksikan Turnamen Bank Aceh Action Cup 2022

Yuk Bagi Masyarakat Aceh pecinta Bola, Hadiri dan saksikan Turnamen Bank Aceh Action Cup 2022 dalam rangka HUT Bank Aceh ke-49.

Pertandingan berlangsung sejak tanggal 15-24 Agustus 2022 di Stadion H. Dimurthala Banda Aceh.

GRATIS!!!

Dapatkan souvenir menarik dari Bank Aceh selama pertandingan berlangsung bagi penonton.

Ajak teman dan keluarga untuk meramaikan turnamen ini ya.

Ditunggu..

Resmikan KCP Bank Aceh Lawe Desky, Bupati Aceh Tenggara Ajak Warga Menabung

Bupati Aceh Tenggara Drs Raidin Pinim MAP, meresmikan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Aceh Lawe Desky Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara, Selasa (9/8/2022).

Prosesi peresmian bank Aceh itu ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Aceh Tenggara, didampingi Direktur Utama Bank AcehHaizir Sulaiman.

Ikut didampingi juga Pimpinan Bank Aceh Syariah Cabang Kutacane, Satumin,. Ketua DPRK Aceh Tenggara Denny Febrian Roza SSTP MSi. Anggota Komisi IV DPR RI, M Salim Fakhri dan Denny Febrian Roza SSTP MSi.

Peresmian itu diwarnai penampilan Tarian Belo Mesusun dan Tarian Tor-tor.

Bupati Aceh Tenggara, Raidin Pinim, mengajak kepada seluruh masyarakat atau nasabah di Kecamatan Babul Makmur, Leuser, Babul Rahmah dan Tanoh Alas.

“Kita juga memberikan apresiasi kepada pihak Bank Aceh yang telah membuka KCP Lawe Desky,” ujar Raidin.

Karena dengan dibukanya KCP Bank Aceh Syariah Ini akan memudahkan masyarakat menabung maupun menarik uang di Bank Aceh.

Sementara itu, Direktur Utama Bank AcehHaizir Sulaiman, mengatakan, Agara memiliki potensi alam yang luar biasa dan keberkahan dari Allah.

Lahan pertanian yang luas cukup menumbuhkan perekonomian masyarakat di bumi sepakat segenap.

Berdasarkan laporan perekonomian Aceh Mei 2022 yang dirilis Bank Indonesia,

Aceh Tenggara menjadi kabupaten kedua dengan tujuan penyaluran pembiayaan terbesar di Provinsi Aceh.

“Hingga Mei 2022, realisasi pembiayaan di Aceh Tenggara tercatat Rp 6,72 triliun,” kata Haizir.

Dengan jumlah tersebut  memberikan kontribusi sebesar Rp 14,19 persen bagi total penyaluran pembiayaan di Aceh.

Data tersebut sangat menggembirakan.

Ini menunjukkan bahwa Tanah Alas menjadi wilayah potensial untuk melakukan investasi.

“Hal ini juga menjadi bukti bagi kenyamanan investor untuk menanamkan modalnya di tanah yang kita cintai,” ujar Dirut Bank Aceh Syariah.

Kehadiran Capem Lawe Desky tentunya menjadi wujud kontribusi nyata bagi Bank Aceh, untuk mengambil bagian secara konkrit dalam mendukung aktivitas perekonomian di Agara.

Menurut dia, hingga Juli 2022 Bank Aceh telah memiliki aset Rp 29,5 Triliun, realisasi pembiayaan telah mencapai Rp 16,8 Triliun dan penghimpun DPK Rp 25 triliun.

“Di tahun 2022 ini, Bank Aceh telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi yang membanggakan,” ungkap Haizir.

Bank Aceh baru saja menerima penghargaan dari majalah Infobank.

Kemudian Bank Aceh berhasil menjadi bank yang terbaik di kelasnya atau menduduki peringkat pertama.

Ini berdasarkan data biro riset info bank terhadap kelompok bank berdasarkan modal inti (KMBI) 1, yang terdiri dari 69 bank dari 107 bank yang ada di Indonesia.

“Penghargaan ini tentunya merupakan penghargaan milik kita semua,

sebagai bukti nyata atas sinergitas dari seluruh pihak yang mendukung kehadiran bank Aceh,” kata Haizir Sulaiman

Acara itu dihadiri, Sekda MHD Ridwan SE MSi, Kepala Kankemenag Aceh Tenggara, Saiful SAg, Plt Kepala Dinas Kesehatan Agara, Marlina. Rektor Universitas Gunung Leuser (UGL) Aceh, Dr Indra Utama SPd MSi, Kepala Disdikbud Aceh Tenggara, Julkifli Spd Mpd, para OPD, serta camat.

 

HUT 49 Bank Aceh : Gagasan Besar Bagi Perbankan Syariah di Tanah Air

Dalam perjalannya selama 49 tahun, Bank Aceh masih menjadi penguasa pasar (market leader) di Aceh. Esksistensi Bank Aceh juga tidak hanya hadir sebagai sebuah lembaga keuangan, tapi juga sebagai sebuah gagasan, dan ide besar bagi pengembangan ekonomi syariah di tanah air.
Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Bank Aceh, Haizir Sulaiman dalam sambutannya pada upacara HUT Bank Aceh yang dilaksanakan di Kantor Pusat Bank Aceh, Sabtu (06/08/2022).

Dalam perjalanannya, lanjut Haizir, setelah konversi Bank Aceh pada 2016 dan penerapan Qanun LKS Nomor 11 Tahun 2018, aset perbankan syariah di Aceh pada periode Maret tercatat sebesar Rp 52 triliun. Atas capaian itu, saat ini Aceh menjadi provinsi ketiga terbesar di Indonesia dalam hal aset perbankan syariah. “Karena itu, eksistensi Bank Aceh tidak hanya hadir sebagai sebuah lembaga keuangan, tetapi juga sebagai sebuah gagasan, ide, maupun cita-cita yang besar bagi masa depan instrumen arsitektur ekonomi syariah di aceh maupun nasional,” ujar Haizir.
Dijelaskan Haizir, setelah Bank NTB dan Riau Kepri telah mengikuti jejak Bank Aceh melakukan konversi, dalam waktu dekat Bank Bengkulu akan melakukan hal serupa.

Di usia yang ke 49, lanjut Haizir, Bank Aceh masih tangguh menjadi market leader bagi industri perbankan di aceh. Hingga 2021, Bank Aceh masih menguasai 54% aset (28,2 triliun), 62% dana pihak ketiga (24 T), dan 52% pembiayaan (16.3 T).
Sementara itu, hingga periode Juli, Bank Aceh telah berhasil membukukan aset sebesar Rp29,4 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 10,5 persen dibanding tahun sebelumnya (YoY), sementara itu, DPK tercatat sebesar Rp25 triliun tumbuh 10%, dan pembiayaan sebesar Rp 16,8 triliun atau mengalami pertumbuhan sebesar 7%.

Ditambahkan, sepanjang 2022 Bank Aceh telah berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti Indonesia Best bumd awards 2022 dari Warta Ekonomi, Indonesia Syariah Award 2022 dari The Iconomics, Top BUMD Awards untuk kategori Bank dan Top CEO untuk Haizir Sulaiman dari Top Business, serta Sharia Finance Awards untuk Kategori Bank serta Top Leadaer Awards untuk CEO Haizir Sulaiman dari Warta Ekonomi. Teranyar Bank Aceh berhasil meraih bank terbaik di kelasnya atau menduduki peringkat pertama untuk kategori bank KBMI 1 dengan aset di atas 25 triliun dari biro riset infobank.

Dikatakan Haizir, capaian tersebut tak terlepas dari dukungan karyawan/ti Bank Aceh dan banyak pihak. “Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Aceh, Pemerintah Aceh, pemerintah daerah, serta DPRA/DPRK, ulama, akademisi yang telah memberikan dukungan kepada Bank Aceh hingga menjadi bank yang diperhitungkan di kancah nasional,” ujarnya.

Pelaksanaan HUT Bank Aceh juga turut menggelar kegiatan bakti sosial di sejumlah lembaga sosial seperti Blood for Life (BFLF) Indonesia, Darah untuk Aceh, Rumah Singgah Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA), dan Dayah Mini Tibang. Selain Direktur Utama, Haizir Sulaiman, pemberian bantuan sosial dilakukan oleh seluruh direksi Bank Aceh, Direktur Operasional, Lazuardi, Direktur Bisnis, Bob Rinaldy, Direktur Dana dan Jasa, Amal Hasan, dan Direktur Kepatuhan, Yusmaldiansyah. Penyerahan bantuan turut diikuti oleh seluruh Pemimpin Divisi dan Perkumpulan Istri Karyawan Bank Aceh Syariah (Pikabas).