Pengumuman Penipuan Dengan Mengatasnamakan Bank Indonesia atau Pegawai Bank Indonesia

Bank Indonesia melaui situs resminya bi.go.id mengumumkan terhadap maraknya penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Dengan adanya modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia atau pegawai Bank Indonesia, maupun menggunakan identitas Bank Indonesia, kepada masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dan waspada agar tidak terperdaya oleh segala bentuk penipuan.

Berikut beberapa modus penipuan yang terjadi:

  • Terpilih sebagai pemenang dalam undian berhadiah,
  • Permintaan sponsorship dalam bentuk pemasangan iklan/uang/materi lainnya,
  • Permintaan dana/komisi/fee terkait dengan pencairan bantuan dari Bank Indonesia.
  • Permintaan menghadiri seminar/lokakarya/undangan lainnya dengan menarik dana partisipasi.
  • Permintaan data/informasi nasabah seperti nomor rekening bank, nama, dan spesimen tandatangan nasabah.

Sehubungan dengan hal tersebut Bank Indonesia menginformasikan:

  1. Hal tersebut adalah tidak benar dan merupakan tindakan penipuan dan penyalahgunaan nama Bank Indonesia oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan dan kepentingan pribadinya.
  2. Bank Indonesia tidak pernah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut baik secara langsung maupun bekerja sama dengan pihak lainnya.
  3. Bank Indonesia tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan hal tersebut.
  4. Untuk menghindari resiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, apabila diperlukan kepada pihak-pihak yang mendapat permintaan tersebut dapat mengkonfirmasikannya terlebih dahulu kepada:

    Humas Bank Indonesia
    Telp. 021-2310108 ext.7317 (hari Senin sd hari Jumat pada jam kerja)

    E-mail: humasbi@bi.go.id