Bank Aceh Raih Anugerah Syariah Republika

BANDA ACEH – PT Bank Aceh Syariah kembali berhasil meraih penghargaan Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019 Kategori Bank Umum Syariah Buku 2. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Djalil kepada Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman, di Hotel JW Mariot Jakarta, Selasa (19/11). Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman, Rabu (20/11) menyampaikan penilaian dan penentuan pemenang untuk penghargaan ini berbasis data kuantitatif berupa catatan kinerja industri selama 2018 dan semester I tahun berjalan. Selain kuantitatif, penilaian juga berdasarkan indikator kualitatif seperti pelayanan dan pandangan publik atau konsumen. “Alhamdulillah Bank Aceh Syariah mampu menjaga pertumbuhan kinerja dengan baik dan terpilih sebagai salah satu bank yang memiliki kinerja terbaik setelah bertransformasi menjadi Bank Syariah sejak tahun 2016,” kata Haizir yang didampingi Pimpinan Divisi Perencanaan Strategis Bank Aceh Syariah, Amal Hasan.

Dikatakan Haizir, ini merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan bagi rakyat Aceh bahwa Bank kebanggaan daerah Aceh bisa mendapat apresiasi nasional dan mampu mempertahankan kinerja pasca konversi secara menyeluruh menjadi Bank Umum Syariah.

Ia menambahkan, tranformasi dan perubahan atsmosfer bisnis setelah tiga tahun konversi juga menjadi salah satu faktor pendukung Bank Aceh Syariah mendapatkan penghargaan tersebut. Sejak awal menjabat sebagai Direktur Utama pada 2018 lalu, Haizir menerapkan kepada karyawan-karyawati untuk menjalankan tiga transformasi sesuai prinsip syariah yang digalakkan oleh manajemen. Ketiga transformasi tersebut yaitu transformasi bisnis, budaya dan tampilan.

Menurutnya, hasil kolaborasi dalam menerapkan ketiga trasnformasi tersebut meningkatkan kinerja Bank Aceh, salah satunya pendapatan yang tentunya bisa menjadi kontribusi penggerak ekonomi bagi masyarakat Aceh. Ia berharap pencapaian ini juga akan terus menumbuhkembangkan semangat juang dan militansi bagi segenap jajaran Bank Aceh untuk terus memperkuat peran dan kiprah ekonomi syariah di Tanah Air.

“Kita sangat mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat untuk terus bersama dan mendukung Bank Aceh mengembangkan perekonomian syariah. Sehingga Bank Aceh Syariah terus tumbuh berkembang dan dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah,” katanya. Selain itu, Direktur Utama Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman juga menjelaskan memasuki tahun ketiga pascakonversi ke bank umum syariah, kinerja keuangan Bank Aceh terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif. Pencapaian kinerja keuangan secara umum pada Oktober 2019 sangat menggembirakan.

Pencapaian total aset Bank Aceh telah menembus angka Rp 25,7 triliun, Dana Simpanan Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 22,5 triliun, dan pada saat bersamaan, pertumbuhan pembiayaan yang disalurkan mencapai sebesar Rp 13,7 triliun. Sementara itu pencapaian laba sebelum pajak sebesar Rp 451 miliar.