Tabungan Firdaus iB

Selengkapnya »

Kini Nasabah Bank Aceh Syariah dapat melakukan transfer & tarik tunai di puluhan ribu mesin ATM termasuk BCA

Selengkapnya »

Inklusi Keuangan untuk semua

Selengkapnya »

Produk RAHN PT Bank Aceh Syariah

Solusi Tepat Dana Cepat Sesuai Syariah Selengkapnya »

Promo Akhir Tahun

Panen Hadiah Bank Aceh Selengkapnya »

 

PT Bank Aceh Syariah KC Langsa Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan dan Pengembangan BUMG dan UMKM

LANGSA — PT Bank Aceh Syariah KC Langsa, Kamis (14/11/2019) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan dan pengembangan BUMG/usaha mikro kecil menengah (UMKM), di aula Cakdon setempat. Bimtek dibuka Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE, yang diwakili Asisten III, Alfian SH, dihadiri Wakil DPRK Langsa, Kepala BPKA, Amri Alwi SE, Syaifullah, Kepala Koperindagkop dan UKM, Zulhadisyah MSP, Kepala DPMG, Al Azmi STP MSP, dan Keuchik fan perangkat di 66 gampong dalam wilayah setempat.

Pimpinan PT Bank Aceh Syariah KC Langsa, Lukman Hakim, mengatakan, keberadaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai wadah usaha gampong untuk peningkatan pendapatan asli gampong (PAG). “Selain itu BUMG mengusung kemandirian, semangat kebersamaan kegotong-royongan antara pemerintah gampong dan masyarakat,” ujarnya.

Lukman Hakim menambahkan, tujuan dibentuknya BUMG adalah untuk mengembangkan aset-aset gampong, sehingga pendapatan ekonomi gampong dapat mengalami peningkatan.

Dijelaskannya, PT Bank Aceh Syariah adalah mitra gampong, maka ada kewajiban bank untuk mendukung program-program unggulan gampong. Melalui BUMG yang dikelola oleh gampong itu sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. “Maka BUMG ini menjadi kekuatan ekonomi baru yang ada di gamponggampong saat ini,” ujarnya.

Bank Aceh Syariah berkomitmen akan terus melakukan pembinaan lanjutan dan bimbingan bagi BUMG yang sudah berjalan, berkembang, dan telah memiliki badan hukum, melalui bantuan pelatihan, sosialisasi serta dukungan. Sementara Asisten III, Alfian SH, menyebutkan, agar terciptanya ide kreatif dan peningkatan wawasan dalam pengembangan BUMG, dalam hal ini UMKM secara baik dan sesuai peraturan perundang-undangan. Maka Pemko Langsa sangat mendukung pelaksanaan bimtek ini, agar kedepan pelaku UMKM dapat menciptakan produk-produk yang dapat bersaing baik di daerah maupun diluar daerah.

Melalui bimtek ini para peserta diharapkan dapat menambah pengetahuan, kemampuan, serta ide-ide kreatif terhadap pelaksanaan badan usaha milik gampong. “Saya meminta peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian bimtek ini sungguh-sungguh, agar dapat memberikan manfaat besar bagi pembangunan Langsa ke depan,” imbuhnya.