Tabungan Firdaus iB

Selengkapnya »

Kini Nasabah Bank Aceh Syariah dapat melakukan transfer & tarik tunai di puluhan ribu mesin ATM termasuk BCA

Selengkapnya »

Inklusi Keuangan untuk semua

Selengkapnya »

Produk RAHN PT Bank Aceh Syariah

Solusi Tepat Dana Cepat Sesuai Syariah Selengkapnya »

HUT PT Bank Aceh Syariah ke-46

Berubah Bersama Selengkapnya »

 

BANK ACEH PENGELOLA DANA HAJI

Banda Aceh-Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI menunjuk Bank Aceh Syariah sebagai salah satu bank umum untuk mengelola dana haji. BPKH memercayakan tiga kategori untuk Bank Aceh, yakni sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), Bank Pengelola Likuiditas Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Bank Penempatan Dalam Optimalisasi Investasi Dana Haji.

Menurut Corporate Secretary Bank Aceh Amal Hasan, Ketua BPKH RI, DR Anggito Abimayu yang secara resmi mengumumkan hal tersebut di Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu 28 Februari 2018. BPKH menetapkan hanya Bank Umum Syariah atau Unit Usaha Syariah yang memenuhi syarat dan lolos seleksi sesuai ketentuan sebagai bank pengelola dana haji.

Amal menyebutkan BPKH membagi fungsi bank dalam pengelolaan dana haji menjadi enam, yaitu bank penerima, bank operasional, bank likuiditas, bank penempatan, bank nilai manfaat dan bank mitra investasi. Bank Aceh Syariah memenuhi assesment untuk tiga kriteria, yaitu sebagai bank penerima yang diberi kewenangan membuka rekening tabungan jamaah haji, menerima setoran awal dan lunas dan mendistribusikan virtual account, Bank Penempatan untuk tujuan optimalisasi penempatan keuangan haji di Tabungan Sahara Bank Aceh iB dan Deposito Giro Amanah iB (Wadiah)  dan Bank Likuiditas BPIH yang berfungsi sebagai pengelolaan dan penyediaan keuangan haji yang setara dengan kebutuhan 2 kali BPIH dan cadangan pengembalian yang disebabkan pembatalan porsi dan pengembalian setoran awal.

“Alhamdulillah setelah melewati tahapan assesment sejak September 2017, Bank Aceh akhirnya terpilih sebagai salah satu Bank Umum Syariah yang memenuhi kriteria untuk mengelola dana haji di Indonesia,” kata Amal.

Karena itu, Amal mengimbau seluruh warga Aceh, kini dapat segera mendaftarkan tabungan haji di Bank Aceh terdekat. “Insya Allah sesuai ketentuan, seluruh calon jamaah haji kita pastikan akan terdaftar di sistem administrasi haji pemerintah dan tentu dijamin untuk dapat diberangkatkan ke tanah suci sesuai nomor porsi dan kuota haji yang ditetapkan oleh pemerintah.

Insya Allah Bank Aceh amanah dalam menjaga titipan dana masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji,”demikian Amal Hasan.